April 19, 2024

mediabersama.com

news portal

Bupati Edi Damansyah Hadiri Panen Raya Padi Mentik Susu Wangi di Sidomukti

1 min read

Bupati Kukar Edi Damansyah saat menghadiri panen raya di Desa Sidomukti Muara Kaman.

Share Now

Mediabersama.com, Tenggarong – Dalam sorotan matahari sore yang hangat, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, terlihat memimpin Panen Raya Padi Mentik Susu Wangi di Desa Sidomukti, Kecamatan Muara Kaman, Selasa (26/3/2024).

Panen raya ini merupakan bagian dari Program Zakat Community Development, sebuah inisiatif kolaboratif antara Baznas Provinsi Kaltim dan Baznas Kabupaten Kukar.

Bupati Edi menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Baznas Kukar atas pelaksanaan Program Baznas Zakat Community Development.

“Ini adalah langkah awal kita untuk menciptakan model pertanian yang dapat diadopsi oleh desa-desa lain di Kukar,” ujar Edi.

Edi menekankan pentingnya memahami bahwa kegiatan hari ini bukan sekadar panen biasa, melainkan pembuatan model percontohan.

“Dengan nama yang unik, Mentik Susu Wangi, diharapkan dapat memotivasi Kelompok Tani (Poktan) untuk beralih ke varietas padi ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Edi menjelaskan alasan dibuatnya percontohan di Sidomukti, yang memiliki lahan persawahan seluas ratusan hektar.

“Ini akan menjadi fokus evaluasi kita bersama dinas terkait, untuk melihat apakah konsep ini cocok untuk dikembangkan lebih luas,” ungkapnya.

Dengan nada yang penuh harap, Bupati Edi meminta Baznas dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistanak) untuk mengembangkan konsep ini ke Poktan lain di sekitar wilayah Muara Kaman.

“Ini adalah kesempatan kita untuk maju bersama,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *