HIMATEK-POLTEK ATIM Kunjungan Industri Ke Jawa Timur

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Politeknik ATI Makassar (HIMATEK-POLTEK ATIM) melakukan kunjungan industri ke Jawa Timur. Acara ini berlangsung pada hari minggu hingga hari kamis,(5-9/08/2018) dengan diikuti oleh 32 peserta dan 2 dosen pembimbing, Dr. Idi Amin ST.,M.Si. dan Katrina ST.,MT.
Menurut Ketua Jurusan Teknik Kimia Mineral, Andi Arninda ST, M.Si, kunjungan ini dalam rangka pembelajaran secara langsung kepada para mahasiswa tentang bagaimana dunia industri yang sebenarnya.
“Kunjungan ini bertujuan agar mahasiswa bisa melihat langsung proses sebuah industri dalam menghasilkan sebuah produk yang selama ini mereka pelajari di bangku kuliah” Ujar Arninda
Mahasiswa Himatek-Poltek ATIM melakukan kunjungan ke PT. Greenfields Indonesia. Disana peserta di tunjukkan bagaimana cara proses pengelolahan susu sapi dengan menghasilkan kualitas terbaik. Selain itu para peserta melakukan kunjungan ke PT. Pltu Paiton yang terletak di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.
Di PT. PLTU Paiton para peserta diberikan materi oleh Bapak Simajuntak yang juga operator di sana, materi yang diberikan tentang sejarah PT. Paiton dan spesifikasi bahan baku utama pembangkit listrik yaitu batu bara, kemudian membahas unit pembangkit 3, 7 dan 8 dan terakhir peserta berkeliling perusahaan sambil melihat proses beroperasi PLTU Paiton.
Terakhir mahasiswa juga mengunjungi PT.Petrokimia Gresik yang terletak di Kabupaten Gresik.
“Kami mendapat banyak ilmu di perusahaan-perusahaan yang kami kunjungi, seperti proses produksi dari setiap perusahaan, tata kelola perusahaan dan banyak lagi yang lainnya. Dan ternyata, dalam kerja nyata tidak semua ilmu yang didapatkan pada perkuliahan akan diterapkan di dunia kerja.” ungkap Muh. Saifullah anggota himpunan mahasiswa teknik kimia politeknik ATI Makassar (Selaku Ketua Panitia Kunjungan Industri 2018)
Menurut Saifullah Selain berkunjung ke industri, mahasiswa himatek juga menyempatkan diri berkunjung ke beberapa kampus yang ada di Jawa Timur, seperti Politeknik Negeri Malang dan Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
“Kami juga mengunjungi kampus Polteknik Negeri Malang dan ITS dalam rangka untuk menjalin silaturrahmi dengan mahasiswa disana. Selain itu kami bertukar pikir tentang perkembangan himpunan. Khusus di ITS kami disambut langsung oleh kepala dan sekretaris departemen Teknik Kimia FTI-ITS bapak Juwari, ST., M.Eng., PhD dan Setiyo Gunawan ST., PhD” tutup Saifullah.

Penulis : Fadel Muhammad (Ketua HIMATEK-Poltek ATIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *