Calon Lawan Timnas Indonesia Jika Lolos 16 Besar Piala Asia

Share Now

Mediabersama.com, –  Skuad Garuda saat ini menempati peringkat ketiga di klasemen Grup D Piala Asia 2023 dengan mengoleksi tiga poin dan memiliki catatan tiga kali mencetak gol berbanding enam kebobolan.

Dalam klasemen peringkat ketiga terbaik, Indonesia menempati peringkat keempat. Artinya Indonesia masih punya peluang ke babak 16 besar. Dalam Piala Asia kali ini, selain juara dan runner up grup, empat negara penghuni empat besar peringkat ketiga terbaik berhak melangkah dari fase grup.

Jika bisa lolos ke 16 besar, maka anak asuh Shin Tae Yong bakal bertemu dengan Australia yang berstatus sebagai juara Grup B. Hal itu sesuai dengan bagan pertandingan yang dirilis AFC .

Skuad The Socceroos menjadi pemuncak Grup B setelah menang atas India dan Suriah, serta bermain imbang melawan Uzbekistan. Dengan tujuh poin, Australia unggul dua poin dari Uzbekistan yang menempati peringkat kedua.

Nasib Indonesia pada Piala Asia edisi ke-18 ini bergantung kepada hasil dari laga grup lain. Terdapat tiga syarat yang bisa membuat Tim Merah Putih melaju ke 16 besar Piala Asia.

Yang pertama adalah kemenangan telak Yordania atas Bahrain. Seandainya Yordania bisa menang dengan jarak lebih dari dua gol, maka Indonesia dipastikan melangkah ke babak 16 besar karena selisih gol Ernando Ari dan kawan-kawan lebih baik ketimbang skuad Asia Barat tersebut.

Sementara cara yang kedua adalah hasil imbang dalam laga Oman vs Kirgistan. Seandainya skor sama kuat, maka Oman kalah poin dalam persaingan dengan Indonesia di klasemen peringkat tiga terbaik.

Yang terakhir adalah kemenangan Kirgistan atas Oman, namun dengan skor 1-0 atau 2-1. Dengan demikian Indonesia akan bersaing dengan Kirgistan pada klasemen peringkat tiga terbaik dan Indonesia unggul produktivitas gol atas Kirgistan.

(CNN Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *